Manfaat Tanaman Obat Gandarusa

Diposting oleh Unknown on Minggu, 14 April 2013

Manfaat Tanaman Obat Gandarusa

Manfaat Tanaman Obat Gandarusa

Tanaman Gandarusa/Trus(Justicia Gendarussa (L.) Burm.f) merupakan tanaman perdu tegak dengan tinggi antara 0,5-2 m,batangnya persegi empat dengan cabang banyak yang semasa mudanya berwaran ungu gelap (sesudah tua berwarna coklat mengkilap),daunnya berwarna hiaju gelap,berbentuk lonjong ,beringgit lebar tetapi tidak dalam,letak daun tersebut berhadapan,berupa daun tunggal yang bentuknya lanset,panjang 5-20 cm dan lebar 1-3,5 cm,bunganya tersusun dalam bentuk malai dengan panjang sampai 12 cm,berwarna lembanyung pucat,buahnya berbentuk seperti gada,namun buah ini jarang ditemukan,biasanya tumbuh disekitar tanah pemakaman,hutan sekunder dan tepi-tepi sungai.

Manfaat Tanaman Gandarusa/Trus Untuk Obat :
  • Sebagai Obat Memar.
Oleskan Minyak Kedaun.layukan diatas api dan tempelkan ditempat yang sakit.
  • Sebagai Obat Patah Tulang.
Tanaman segar dilumatkan,aduk dengan arak dan cuka lalu kompreskan dibagian yang sakit(syarat posisi tulang sudah baik).
  • Sebagai Obat Pegal Linu.
Daun diramu dengan kapur sirih dan adas pulasari sebagai obat gosok pada bagian yang linu.
  • Sebagai Obat Sakit Kepala.
Ambil daunnya ,campur dengan lada dan sedikit larutan cuka ,gosokan dikepala.

Dari Manfaat Tanaman Obat Gandarusa/Trus diatas kita patut bersyukur kepada Allah SWT yang telah menciptakan Tanaman Obat yang penuh manfaat yang baik dan sehat bagi tubuh kita ,Ini merupakan salah satu bentuk kasih sayang Allah kepada kita umatnya.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan

Salam Hangat Dari Admin : http://berbagai-manfaat.blogspot.com

{ 0 komentar... read them below or add one }

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung , semoga bermanfaat dan untuk berkomentar silahkan komentar dibawah sini sesuai dengan pembahasan diatas ya ,berkomentar dengan baik jangan megandung spam ,dengan bahasa komentar yang baik dan benar juga, salam hangat dari admin

Health Health Blog Directory Blogarama - The Blog Directory ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free