Inilah Perbedaan Pola Tidur Wanita dan Pria

Diposkan oleh david saputra on Minggu, 23 Juni 2013

 Inilah Perbedaan Pola Tidur Wanita dan Pria

Inilah Perbedaan Pola Tidur Wanita dan Pria

Salah satu perbedaan yang ditemukan oleh para peneliti adalah dalam ritme sirkadian antara laki-laki dan wanita. Penelitian difokuskan pada siklus sirkadian terhadap 157 pria dan wanita berusia antara 18-74 tahun, untuk mengukur kadar melatonin dan suhu tubuh pada siklus 24 jam. Hasil yang didapat adalah ada perbedaan signifikan antara pria dan wanita dalam durasi sirkadian. Berikut ini adalah hasil penelitian yang telah dilakukan:
  • Sirkadian clock pada peserta wanita diatur lebih awal daripada pria dengan tujuan membuat mereka tidur lebih awal dan bangun lebih awal. Wanita menunjukkan bahwa mereka memiliki kecenderungan melakukan kegiatan lebih awal daripada laki-laki.
  • Siklus Sirkadian sebenarnya lebih awal bagi wanita daripada pria, yaitu sekitar 6 menit. Meskipun perbedaan yang terjadi sangat tipis, namun memberikan efek signifikan pada tidur malam dan tingkat energi.
  • Tidak hanya berjalan lebih awal dan lebih pendek dari pria, tetapi siklus sirkadian wanita lebih banyak memiliki jam internal yang berjalan di bawah 24 jam.
Penelitian terkini juga menyebutkan bahwa, wanita cenderung terlihat lebih segar daripada pria dalam kondisi kurang tidur dan mampu memulihkan kondisinya lebih cepat saat dia kekurangan tidur.

Wanita akan lebih merasakan manfaat tidur pulas, tetapi wanita lebih mudah terserang rasa kantuk dan berisiko mengalami gangguan kesehatan daripada pria saat mereka kekurangan tidur yang disebabkan oleh beberapa alasan, seperti:

Fase biologis dari kehidupan wanita seperti menstruasi, kehamilan, menopause, dan faktor hormonal membuat wanita lebih banyak mengalami gangguan tidur, wanita lebih mudah mengalami berbagai gangguan tidur daripada pria, seperti insomnia. Terlebih, wanita berusia di atas 40 tahun akan mengalami gangguan tidur yang lebih buruk.

Penelitian menunjukkan bahwa wanita tidak lagi mengalami gangguan tidur saat mereka sakit. Wanita yang tidur kurang dari 8 jam sehari cenderung berisiko mengalami gangguan kesehatan dibandingkan pria. Penelitian terhadap kanker dan tidur juga menunjukkan bahwa wanita memiliki lebih banyak kemungkinan mengidap insomnia daripada pria.

Penelitian telah menunjukkan bagaimana wanita dan pria tidur. Jika kita mengetahui lebih banyak bagaimana jenis kelamin mempengaruhi tidur, maka akan lebih tepat kita menentukan target dan cara paling efektif untuk mengatasi gangguan tidur pada pria dan wanita.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan.

Salam Hangat Dari Admin : http://www.cara-cara.info
More aboutInilah Perbedaan Pola Tidur Wanita dan Pria

Waspada Testosteron Rendah,Dapat Memicu 6 Penyakit Ini

Diposkan oleh david saputra

 Jika Testosteron Rendah,Dapat Memicu 6 Penyakit Ini

Waspada Testosteron Rendah,Dapat Memicu 6 Penyakit Ini

  • Diabetes
    Testosteron membantu jaringan tubuh untuk menyerap gula darah lebih banyak sebagai respon terhadap insulin. Pria dengan testosteron lebih rendah sering mengalami resistensi insulin, sehingga mereka perlu untuk menghasilkan lebih banyak insulin untuk menjaga gula darah normal dan terhindar dari risiko diabetes.
  • Obesitas
    Pria obesitas cenderung memiliki kadar testosteron yang rendah. Ini terjadi karena, sel lemak memetabolisme testosteron menuju estrogen, sehingga menurunkan kadar testosteron secara keseluruhan. Juga, obesitas mengurangi tingkat hormon seks yang mengikat globulin, suatu protein yang membawa testosteron dalam darah.
  • Sindrom Metabolik
    Sindrom metabolik adalah nama untuk suatu kondisi yang mencakup adanya tingkat kolesterol yang tidak normal,tekanan darah tinggi, obesitas pada pinggang, dan gula darah tinggi. Sindrom metabolik dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke. Studi menunjukkan bahwa pria dengan testosteron lebih rendah lebih mungkin untuk mengembangkan sindrom metabolik.
  • Penyakit Jantung
    Pria dengan diabetes dan testosteron rendah juga berisiko lebih tinggi mengalami atherosclerosis, atau pengerasan pembuluh darah. Sejumlah testosteron testosteron mungkin diperlukan untuk dikonversi menjadi estrogen dan melindungi arteri dari kerusakan. Sekalipun bukan penyebab utama penyakit jantung, namun kadar testosteron yang cukup dapat berperan dalam meningkatkan kesehatan jantung.
  • Depresi
    Studi yang dilakukan pada orang dengan kadar testosteron rendah menyimpulkan bahwa mereka memiliki kecenderungan mengalami depresi sebesar 2x lipat dari orang dengan kadar testosteron normal.
  • Disfungsi Ereksi
    Semua penyakit-penyakit yang kerap diderita kaum pria seperti obesitas, diabetes, tekanan darah tinggi, dan disfungsi ereksi saling terkait dan penyebab umumnya adalah karena kekurangan hormon testosteron.
Jika Anda mengalami gejala-gejala di atas, segera konsultasikan dengan dokter untuk mengetahui apakah gejala tersebut berhubungan dengan rendahnya kadar testosteron dalam tubuh Anda. Deteksi dini akan membantu Anda mencegah terjadinya penyakit yang lebih parah.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan.

Salam Hangat Dari Admin : http://www.cara-cara.info
More aboutWaspada Testosteron Rendah,Dapat Memicu 6 Penyakit Ini

Supaya Tidak Cepat Lelah,Lakukan 6 Hal Ini

Diposkan oleh david saputra

Supaya Tidak Cepat Lelah,Lakukan 6 Hal Ini

Supaya Tidak Cepat Lelah,Lakukan 6 Hal Ini 


1.Pastikan Sarapan Sehat
Banyak orang meninggalkan kebiasaan sehat ini karena terburu-buru berangkat kerja, tidak sempat memasak, atau kendala lain yang menyebabkan orang tersebut tidak mendapatkan asupan gizi yang cukup di pagi hari. Dampaknya akan dirasakan menjelang tengah hari, saat energi tubuh mulai menipis dan tubuh tidak memiliki cadangan energi yang cukup. Hasilnya, tubuh akan mengalami kelelahan yang hebat. So, biasakan sarapan sehat di pagi hari.


2.Tingkatkan Aktivitas Fisik
Salah satu penyebab utama kelelahan adalah kurangnya aktivitas fisik, sehingga jika Anda ingin menyingkirkan kelelahan, mulailah gaya hidup aktif dengan berolahraga. Cobalah berolahraga 30 menit di pagi hari sebelum sarapan agar Anda tidak mudah lelah saat beraktivitas sepanjang hari.


3.Jaga Tubuh tetap Terhidrasi
Terkena dehidrasi juga menjadi penyebab lain kelelahan yang berkepanjangan, sehingga pastikan Anda mendapatkan cukup air bagi tubuh Anda untuk terhidrasi, membuatnya berfungsi dengan baik dan kembali ke keadaan aktif.


4.Kelola Stres
Stres adalah salah satu akar penyebab berbagai masalah kesehatan banyak orang, termasuk kelelahan. Jika Anda terus-menerus merasa lelah dan lesu, mulailah belajar untuk mengatasi stres dengan baik. Anda bisa berenang untuk menghilangkan stres. Lakukan latihan teratur. Kelola waktu Anda. Ini akan banyak membantu Anda untuk mulai menyingkirkan kelelahan.


5.Jaga Berat Badan

Jika Anda kelebihan berat badan ataupun kekurangan berat badan, Anda mungkin merasa lelah terus-menerus. Jika Anda mengalami obesitas atau kelebihan berat badan, tubuh Anda akan perlu bekerja lebih untuk melakukan aktivitas sederhana, sehingga rasa kelelahan sering muncul. Di sisi lain, kurangnya kekuatan otot juga dapat membuat Anda merasa lelah dengan mudah juga. Jadi, pastikan Anda mempertahankan berat badan normal untuk menyingkirkan kelelahan.


6.Kurangi Kafein sebelum Tidur

Kafein berpotensi membuat Anda tetap terjaga setelah mengonsumsinya. Saat minum kafein, tubuh akan melepaskan adrenalin yang menjadi sumber respon untuk melawan kantuk, yang secara tidak langsung memaksa tubuh untuk kembali bekerja.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan.


Salam Hangat Dari Admin : http://www.cara-cara.info
More aboutSupaya Tidak Cepat Lelah,Lakukan 6 Hal Ini

5 Kebiasaan Ini Tidak Sehat Untuk Tubuh

Diposkan oleh david saputra

5 Kebiasaan Ini Tidak Sehat Untuk Tubuh

5 Kebiasaan Ini Tidak Sehat Untuk Tubuh


1.Tidak Sarapan
Membiasakan diri sarapan penting untuk menjaga tingkat energi saat beraktivitas di siang hari. Jika Anda melewatkan sarapan, Anda akan berpotensi makan rakus dan cenderung mengonsumsi makanan yang manis-manis. Akibatnya gula darah Anda melonjak dan berisiko terkena penyakit diabetes.

Biasakan sarapan dengan menu yang menyehatkan. Jika tidak sempat sarapan di rumah, bawalah bekal untuk dikonsumsi di perjalanan atau di kantor.


2.Kecanduan Minuman Bersoda
Mengonsumsi minuman bersoda dan berpemanis buatan dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko terbentuknya batu ginjal.

Hasil ini didapat setelah tim peneliti dari Brigham and Women’s Hospital, Boston, AS, mensurvei lebih dari 190 ribu partisipan. Setiap partisipan diberi pertanyaan seputar riwayat medis, gaya hidup serta bagaimana mereka mengonsumsi obat-obatan.

Peneliti menemukan bahwa partisipan yang mengonsumsi minuman bersoda lebih dari satu porsi/hari berpotensi mengalami pembentukan batu ginjal sebesar 23 persen daripada partisipan yang hanya mengonsumsi minuman bersoda seminggu sekali.

Cara mengatasinya, batasi konsumsi minuman bersoda secara berkalan dan ganti dengan mengonsumsi air putih biasa. Berkumurlah dengan air setelah mengonsumsi minuman bersoda untuk mencegah pengikisan gigi.


3.Mengonsumsi Pil Tidur

Pil tidur seringkali dianggap sebagai penyelamat bagi orang yang sulit tidur. Konsumsi pil tidur dalam jangka panjang dapat merusak hati (liver) dan metabolisme tubuh karena biasanya pil tersebut merupakan kombinasi dari obat penghilang rasa sakit dan antihistamin.

Salah satu penyebab seseorang sulit tidur adalah kurang berolahraga. So, jadwalkan untuk berolahraga setidaknya 15-30 menit setiap hari agar Anda bisa mendapatkan tidur berkualitas.


4.Kecanduan Alkohol

Dalam riset yang dilakukan Dr. Barbara Flannery dari RTI Internasional, diketahui bahwa otak pecandu alkohol lebih banyak mengalami kerusakan, terutama pada fungsi saraf kognitifnya. Selain merusak saraf otak, alkohol juga merusak liver. Bahkan penyalahgunaan alkohol juga dapat menyebabkan kekurangan gizi, menurunkan daya tahan tubuh, hingga kematian.


5.Merokok
Mengisap satu atau dua batang rokok dapat merusak kesehatan Anda. Bahkan satu isapan Asap rokok saja dapat mengancam kesehatan paru-paru, dampaknya baru akan terasa dalam jangka panjang. Merokok dapat meningkatkan kerja jantung, membuat irama jantung menjadi tidak teratur, serta dapat meningkatkan tekanan darah, sehingga seorang perokok berpotensi besar mengalami serangan jantung dan kematian mendadak.

Perubahan drastis memang akan sulit dilakukan. Oleh karena itu, lakukan semua perubahan di atas secara bertahap untuk mendapatkan hidup berkualitas dan peluang hidup lebih lama.

Terima kasih sudah berkunjung , semoga artikel diatas bermanfaat buat kesehatan anda,klik juga artikel manfaat yang lainnya,masih banyak kok. ada manfaat buah,manfaat tanaman,manfaat bunga dan manfaat daun serta manfaat makanan.


Salam Hangat Dari Admin : http://www.cara-cara.info
More about5 Kebiasaan Ini Tidak Sehat Untuk Tubuh
Health Health Blog Directory Blogarama - The Blog Directory ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free